Dibaca: 130

Pengenalan HTML - Sejarah

HTML dibuat oleh seorang ahli fisika yang bernama Tim Berners Lee pada lembaga penelitian CERN yang ada di Swiss. Tim Berners Lee mengeluarkan versi HTML yang pertama pada tahun 1991. 

Pencipta HTML - Berners Lee

Sejak tahun 1991, setiap HTML merilis versi terbarunya, selalu dilengkapi dengan attribute dan tag terbaru. Karena popularitas dan kemajuan teknologi, HTML terus berkembang dan meningkat. HTML sudah dianggap sebagai bahasa markup website standar yang resmi.

Berikut adalah sejarah perkembangan HTML dari awal sampai sekarang.

1. HTML Versi 1.0

Merupakan pionir yang di dalamnya masih terdapat banyak sekali kelemahan hingga wajar jika tampilan yang dihasilkan sangat sederhana. Kemampuan yang dimiliki versi 1.0 ini antara lain heading, paragraf, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan teks di sekelilingnya (wraping)

2. HTML Versi 2.0

Pada versi 2.0 HTML mempunyai fitur tambahan yaitu mempunyai kemampuan dalam menampilkan data atau form pada dokumen serta memasukan alamat, nama, dan saran atau kritik. Versi ini merupakan pionir untuk web interaktif.

3. HTML Versi 3.0

Versi 3.0 mempunyai tambahan fitur dengan fasilitas baru yaitu figure yang merupakan perkembangan dari tag image yang berfungsi untuk meletakan gambar serta tabel. HTML versi ini juga mendukung berbagai rumus matematika pada dokumen. 

4. HTML Versi 3.2

Versi ini merupakan versi HTML yang paling banyak digunakan. Pada versi ini terdapat teknologi untuk meletakan teks di sekeliling gambar. Gambar juga bisa dijadikan latar belakang. Frame, style, dan tabel juga diperkenalkan pada versi ini. Selain itu pada HTML versi ini juga bisa menggunakan script di luar HTML untuk mendukung kinerja HTML seperti Javascript, VBScript dan lain-lain.

5. HTML Versi 4.0

HTML versi 4.0 adalah versi yang paling banyak mengalami perubahan. Perubahan ini hampir terjadi di segala perintah HTML seperti tabel, image, link, text, meta, imagemaps, form dan lain-lain.

6. HTML Versi 4.01

Versi ini merupakan perbaikan minor atau kecil dari versi 4.0. Versi ini juga menjadi standarisasi untuk elemen dan atribut dari script XHTML 1.0.

7. HTML Versi 5.0

HTML versi 5 memperkenalkan prosedur pembuatan tampilan web terbaru dengan penggabungan antara CSS, HTML dan JavaScript. Pada HTML versi ini mempunyai kelebihan penulisan kode tag HTML dan sintaks yang lebih baik dan sederhana. Pada HTML5 ini juga mempunyai API yang terintegrasi terhadap geolocation, fasilitas tersebut dapat diakses melalui GPS atau fasilitas lain seperti Google Latitude pada iphone. Selain itu versi ini juga memiliki fitur form yang jauh lebih baik tentang input, validasi data dan interaksi dengan tipe elemen input seperti input bilangan, teks, email, password dan lain-lain.