Dibaca: 271

Cara Menggunakan Program MySQL

Setelah program MySQL diinstal maka untuk menggunakannya bisa dilakukan dengan 2 cara.

Cara yang pertama adalah dengan konsol, bila pada sistem operasi Windows yaitu dengan program cmd. 

Sedangkan cara yg kedua adalah melalui program yang dinamakan phpmyadmin, hal ini biasanya bila kita melakukan instalasi dengan paket seperti XAMP atau WAMP. 

Dengan Program Cmd

Pada operating sistem windows program cmd terletak di lokasi C:\WINDOWS\system32

Jalankan program cmd kemudian pindah ke direktori atau folder tempat MySQL diinstal. Bila MySQL diinstal pada lokasi C:\MySQL maka aktif direktori harus dirubah ke lokasi tersebut. Bila menggunakan paket instalasi maka biasanya program MySQL akan diinstal pada lokasi seperti,

C:\wamp64\bin\mysql\mysql5.7.14\bin

Kemudian setelah aktif direktori sudah dipindah ke lokasi instalasi MySQL, maka langkah selanjutnya adalah menjalankan perintah mysql. 

Pada layar ketik seperti gambar di bawah ini. (shell> merupakan aktif direktori dan tidak perlu diketik).

mysql-rubah-password-root

Bila password yang dimasukkan sesuai maka akan masuk ke program mysql dengan tampilan seperti di bawah ini.

mysql-konsol 

Dengan program PhpMyAdmin

Cara ini lebih mudah karena memiliki elemen visual dan dijalankan dengan browser.

Jalankan program browser seperti Mozilla FireFox atau Google Chrome, lalu pada kotak alamat ketik "localhost" (tanpa tanda petik) lalu tekan enter dan akan muncul layar seperti di bawah ini.

Bila pada saat instalasi paket XAMP atau WAMP secara default berhasil dan tidak ada masalah dengan web server APACHE maka biasanya cukup dengan mengetikkan "localhost" sudah bisa masuk ke web server. Pada kasus lain seperti port default sudah dipakai oleh program lain maka biasanya harus dipakai port yang lain seperti port 8080 maka harus mengetikan "localhost:8080" untuk masuk ke web server.

mysql-localhost

Kemudian klik phpmyadmin pada bagian Tools di sebelah kiri bawah layar, maka akan muncul layar untuk memasukan password user seperti berikut.

mysql-phpmyadmin-login  

Perhatikan kotak alamat pada contoh gambar di atas yang merupakan contoh setting web server APACHE yang menggunakan port 8080 karena port default sudah digunakan oleh program lain.  

Setelah memasukkan password yang benar dan klik tombol Go maka akan masuk ke menu utama phpmyadmin seperti layar berikut.

mysql-phpmyadmin-konsol